Pengertian
Menurut James A.F. Stoner
mendefinisikan manajemen sebagai proses perencanaan, pengorganisasian,
kepemimpinan dan pengawasan upaya anggota organisasi dan menggunakan semua
sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dari definisi tersebut bahwa dapat ditarik beberapa pokok
pemikiran sebagai berikut:
1. Proses
Proses adalah
suatu cara yang sistematis untuk melakukan sesuatu.
2. Perencanaan
Ini
menunjukan bahwa para manajer memikirkan tujuan dan kegiatannya sebelum
melaksanakannya dengan melalui rencana tersusun, dan pemikiran logika.
3. Pengorganisasian
Ini berearti para manajer itu mengkoordinir
sumber daya manusia dan sumber daya lain
yang dimiliki organisasi.
4. Memimpin
Ini
menunjukan bagaimana para manajer mengarahkan dan mempengaruhi bawahannya untuk
dapat bekerja lebih baik lagi, agar suatu tujuan dari manajer itu dapat
tercapai.
5. Pengawasan
Manajer
berusaha untuk meyakinkan bahwa organisasi bergerak dalam arah dan jalur suatu
tujuan.
6. Menggunakan semua sumber daya organisasi
Definisi
ini menunjukan bahwa para manajer menggunakan semua sumber daya untuk mencapai
tujuannya. Manusia merupakan sumberdaya terpenting dalam suatu organisasi,
namun tanpa sumber daya yang lain maka penggunaan sumber daya manusia ini tidak
optimal.
PERKEMBANGAN MANAJEMEN
Lingkungan bisnis bisa berubah begitu cepat. Perkembangan
teknologi informasi yang kita gunakan untuk berorganisasi tentu berbeda dengan
masa lampau. Adanya perkembangan zaman globalisasi ini menuntut suatu
organisasi menjadi fleksibel yang tanggap terhadap perubahan lingkungan.
Persaingan bisnis yang semakin ketat mengharuskan kita mempunyai konsep dalam
bisnis.
Organisasi-organisasi tanpa adanya suatu prinsip
manajemen akan menjadi kacau balau dan bahkan bisa sampai bangkrut. Hal ini
terbukti, seperti halnya apabila ada bencana, ketika organisasi sedang tidak
teratur atau mengalami kemunduran. Hal-hal seperti itu sangat dibutuhkannya
seorang manajemen untuk membenahi suatu organisasi.
Keberhasilan untuk mencapai tujuan tergantung pada
pemilihan tujuan yang akan dicapai dan cara menggunakan sumber daya untuk
mencapai tujuan tersebut. Manajemen juga yang menentukan suatu kegiatan dan
langkah-langkah perusahaan agar teciptanya suatu keefektifan dalam kegiatan
organisasi.
Efektif mengacu pada pencapaian tujuan sedang efisien
mengacu pada penggunaan sumber daya minimum untuk menghasilkan keluaran yang
telah ditentukan. Bagi manajemen yang diutamakan efektif dulu baru efisien.
Organisasi membutuhkan manajemen terutama untuk 3 hal yang penting, yaitu:
1. Pencapaian tujuan secara efektif dan efisien.
2. Menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling
bertentangan dan menentukan skala prioritas.
3. Mempunyai keunggulan daya saing dalam menghadapi
persaingan global.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar