Jumat, 05 November 2010

PROSES PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN

Pemasaran
Adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi,penetapan harga,promosi,serta distribusi atas gagasan,barang,dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memenuhi sasaran perseorangan dan organisasi
Perilaku Konsumen
Adalah tingkah laku atau perilaku manusia yang menyebabkan terciptanya permintaan
pasar
STP dalam pemasaran :
1.Segmentasi Pasar, segmentasi pasar adalah proses membagi pasar
keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen ke dalam
beberapa segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung
bersifat homogen dalam segala aspek.
Pembagian segmen pasar:
Segmentasi pasar konsumen, membentuk segmen pasar dengan
menggunakan ciri-ciri konsumen (consumer characteristic),
kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen
konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk
yang berbeda.
Segmentasi pasar bisnis, membentuk segmen pasar dengan
memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses)
terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan, dan merek.
Segmentasi pasar yang efektif, dapat diukur, dapat dijangkau, dapat dibedakan,
dapat diambil tindakan.
Pengidentifikasian Segmen Pasar :
Variabel Geografis, unit geografis yang bisa dipertimbangkan dalam
mengembangkan satu strategi segmentasi.
Variabel Demografis, menggambarkan populasi dengan
mengidentifikasi ciri-ciri tertentu seperti usia, pendapatan, gender,
latar belakang etnis, status perkawinan, ras, agama, dan kelas sosial.
Variabel Psikografis, seperti gaya hidup, minat, dan sikap.
Variabel Perilaku, merujuk kepada cara konsumen menggunakan
produk, manfaat yang mereka harapkan, alasan mereka membelinya,
dan kesetiaan mereka terhadap produk tersebut.
2.Targeting, sasaran pasar yang di bidik, mencakup :
Konsentrasi segmen tunggal, Perusahaan memilih
berkonsentrasi pada segmen tertentu. Hal itu dilakukan
karena dana yang terbatas, segmen tersebut tidak
memiliki pesaing, dan merupakan segmen yang paling
tepat sebagai landasan untuk ekspansi ke segmen lainnya.
Spesialisasi selektif, Perusahaan memilih sejumlah 
segmen pasar yang menarik dan sesuai dengan tujuan
serta sumber daya yang dimiliki.
Spesialisasi pasar, Perusahaan memusatkan diri pada
upaya melayani berbagai kebutuhan dari suatu kelompok
pelanggan tertentu.
Spesialisasi produk, Perusahaan memusatkan diri pada
pembuatan produk tertentu yang akan dijual kepada
berbagai segmen pasar.
Pelayanan penuh (full market coverage),P erus ahaan
berusaha melayani semua kelompok pelanggan dengan
semua produk yang mungkin dibutuhkan. Hanya
perusahaan besar yang mampu menerapkan strategi ini,
karena dibutuhkan sumber daya yang sangat besar.
3.   Positioning, berhubungan dengan upaya identifikasi, pengembangan,
dan komunikasi keunggulan yang bersifat khas serta unik. Dengan
demikian, produk dan jasa perusahaan dipersepsikan lebih superior dan
khusus (distinctive) dibandingkan dengan produk dan jasa pesaing
dalam persepsi konsumen. Fokus utama positioning adalah persepsi
pelanggan terhadap produk yang dihasilkan dan bukan hanya sekedar
produk fisik.
Bauran pemasaran :
Adalah gabungan strategi produk ,penetapan harga,promosi dan distribusi yang
digunakan untuk memasarkan produk. Empat komponen dasar :
Produk, pemasaran dimulai dengan produk-barang, jasa, atau gagasan yang
dirancang untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Diferensiasi
produk adalah penciptaan ciri atau citra yang membuat produk berbeda dari
para pesaing.
Penetapan harga, strategi menyeleksi harga yang tepat untuk menjual produk.
Distribusi, berhubungan dengan membawa produk dari produsen kepada
konsumen.
Promotion, merujuk pada teknik mengkomunikasikan informasi tentang
produk dan juga mencakup periklanan.
Kebijakan produk
Pengertian Produk
Produk adalah setiap apa saja yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan.
Macam-macam produk
1. Produk Inti (Core Product)
Disini harus diketahui apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh
konsumen. Setiap produk tentu memiliki manfaat serta ciri-ciri tertentu. 

Dalam hal ini penjual harus dapt menjual manfaat tersebut dan bukan cirri-ciri
produk. Produk inti ini terdiri unsur : Manfaat inti.
Suatu contoh :
Konsumen membeli panasa bukan gas.
Wanita membeli kecantikan bukan kosmetik
Nasabah membeli nasabah bukan deposito
2. Produk Berwujud (Tangible Product)
Perusahaan harus berusaha untuk mengubah produk ini menjadi produk berwujud (tangible product). Misalnya computer, buku. Dalam produk berwujud ini terdapat 5 ciri yaitu :
a. Tingkat Mutu Produk
b. Model
c. Merk Produk
d. Cirri-Ciri Produk
e. Kemasan (Pembungkus)
3. Produk Tambahan (Augmented Product)
Perusahaan harus dapat menwarkan manfaat dan pelayanan tambahan. Dapat diberikan contoh : garansi, pengiriman barang kerumah. Dalam produk tambahan ini terdapat 4 unsur yaitu:
Instalasi
Jaminan
Penyerahan dan kredit
Pelayanan purna jual
Merek
Adalah identitas dagang yang melekat pada produk yang menyebabkan produk
tersebut dikenali oleh konsumen
Pembungkusan
Adalah cara pengepakan yang digunakan guna menarik psikologi konsumen yang
hendak dijadikan sasaran
Contoh: pengepakan atau pembungkusan produk yang digunakan oleh orang dewasa
tentunya berbeda dengan pembungkusan produk yang digunakan oleh anak-anak atau
balita
 Bauran lini item produk
Adalah banyaknya produk yang digunakan oleh perusahaan untuk memenuhi segmen
pasar,perusahaan lebih menyadari dengan banyaknya lini item produk maka dapat
menjangkau target pasar yang lebih banyak
Contoh: susu formula dengan tingkat pengguna yang berbeda dari umur 1-3 th,5-7th
Daur Hidup produk
.Produk-produk melalui sejumlah tahap yang dikenal dengan daur hidup produk
(Product Life Cycle). Sebuah produk apakah masih berada pada Tahap Perkenalan,
ataukah sudah memasuki Tahap Pertumbuhan, atau justru sudah berada pada Tahap
Kedewasaan, atau justru berada pada Tahap Penurunan Kembali.
Pengembangan produk baru
Pengembangan produk baru adalah sapat berupa inivasi maupun penciptaan produk
baru untuk menggantikan produk yang telah usang apabila dilihat dari kacamata
konsumen sudah tidak menarik.

http://www.scribd.com/doc/22467258/Pemasaran-Dan-Perilaku-Konsumen



Tidak ada komentar:

Posting Komentar