Minggu, 01 Juli 2012

Manajemen




Pengertian

Menurut James A.F. Stoner mendefinisikan manajemen sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
            Dari definisi tersebut bahwa dapat ditarik beberapa pokok pemikiran sebagai berikut:
1.      Proses
Proses adalah suatu cara yang sistematis untuk melakukan sesuatu.
2.      Perencanaan
Ini menunjukan bahwa para manajer memikirkan tujuan dan kegiatannya sebelum melaksanakannya dengan melalui rencana tersusun, dan pemikiran logika.
3.      Pengorganisasian
Ini  berearti para manajer itu mengkoordinir sumber daya manusia  dan sumber daya lain yang dimiliki organisasi.
4.      Memimpin
Ini menunjukan bagaimana para manajer mengarahkan dan mempengaruhi bawahannya untuk dapat bekerja lebih baik lagi, agar suatu tujuan dari manajer itu dapat tercapai.
5.      Pengawasan
Manajer berusaha untuk meyakinkan bahwa organisasi bergerak dalam arah dan jalur suatu tujuan.
6.      Menggunakan semua sumber daya organisasi
Definisi ini menunjukan bahwa para manajer menggunakan semua sumber daya untuk mencapai tujuannya. Manusia merupakan sumberdaya terpenting dalam suatu organisasi, namun tanpa sumber daya yang lain maka penggunaan sumber daya manusia ini tidak optimal.

PERKEMBANGAN MANAJEMEN

            Lingkungan bisnis bisa berubah begitu cepat. Perkembangan teknologi informasi yang kita gunakan untuk berorganisasi tentu berbeda dengan masa lampau. Adanya perkembangan zaman globalisasi ini menuntut suatu organisasi menjadi fleksibel yang tanggap terhadap perubahan lingkungan. Persaingan bisnis yang semakin ketat mengharuskan kita mempunyai konsep dalam bisnis.
            Organisasi-organisasi tanpa adanya suatu prinsip manajemen akan menjadi kacau balau dan bahkan bisa sampai bangkrut. Hal ini terbukti, seperti halnya apabila ada bencana, ketika organisasi sedang tidak teratur atau mengalami kemunduran. Hal-hal seperti itu sangat dibutuhkannya seorang manajemen untuk membenahi suatu organisasi.
            Keberhasilan untuk mencapai tujuan tergantung pada pemilihan tujuan yang akan dicapai dan cara menggunakan sumber daya untuk mencapai tujuan tersebut. Manajemen juga yang menentukan suatu kegiatan dan langkah-langkah perusahaan agar teciptanya suatu keefektifan dalam kegiatan organisasi.
            Efektif mengacu pada pencapaian tujuan sedang efisien mengacu pada penggunaan sumber daya minimum untuk menghasilkan keluaran yang telah ditentukan. Bagi manajemen yang diutamakan efektif dulu baru efisien. Organisasi membutuhkan manajemen terutama untuk 3 hal yang penting, yaitu:
1.      Pencapaian tujuan secara efektif dan efisien.
2.      Menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menentukan skala prioritas.
3.      Mempunyai keunggulan daya saing dalam menghadapi persaingan global.

1 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii

    BalasHapus